Skip to content

Seberapa Penting Digital Marketing Untuk Hotel dan Penginapan

Digital marketing telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari strategi marketing hotel modern. Saat ini, hotel harus mampu beradaptasi dengan perubahan tren dan teknologi yang terus berkembang. Digital marketing untuk hotel adalah salah satu cara mempromosikan bisnis hotel dan penginapan melalui berbagai platform digital seperti website, media sosial, email, dan mesin pencari.

Apa Yang Dimaksud Digital Marketing Untuk Hotel

Digital marketing hotel adalah serangkaian strategi pemasaran yang dilakukan secara online untuk mempromosikan hotel kepada calon tamu. Aktifitasnya melibatkan penggunaan berbagai platform digital untuk meningkatkan visibilitas hotel, menarik minat calon tamu, dan meningkatkan tingkat pemesanan.

digital marketing untuk hotel

Beberapa Manfaat Digital Marketing

Menerapkan digital marketing pada bisnis hotel secara konsisten tentu saja akan memberikan manfaat yang positif antara lain :

1. Meningkatkan Awareness

Digital marketing membantu meningkatkan visibilitas hotel di platform online seperti mesin pencari dan media sosial. Dengan menggunakan teknik optimasi mesin pencari atau SEO, website resmi hotel dapat muncul di peringkat atas hasil pencarian google atau bing sehingga meningkatkan peluang dibaca oleh calon tamu.

2. Meningkatkan Interaksi

Melalui media sosial dan email marketing, manajemen hotel dapat berinteraksi langsung dengan calon tamu. Hal ini memungkinkan hotel untuk memberikan informasi terkini tentang berbagai berita terbaru, event, atau paket promosi yang mungkin suatu saat dapat menarik minat calon tamu untuk datang kembali.

Baca Juga >>  Tips Upgrade Skill Staff untuk Bisnis Hotel dan Penginapan

Kecepatan respon dan interaksi di sosial media membantu meningkatkan hubungan antara brand dan followers menjadi lebih akrab.

3. Meningkatkan Booking Rate

Digital marketing juga membantu meningkatkan tingkat pemesanan dengan mengoptimalkan website hotel dan menyediakan sistem pemesanan online yang mudah digunakan. Dengan memberikan pengalaman yang nyaman dan mudah bagi calon tamu untuk memesan kamar, hotel dapat meningkatkan tingkat konversi booking dan tentunya juga meningkatkan pendapatan.

4. Membangun Brand Image

Digital marketing hotel membantu untuk membangun branding yang kuat melalui konten yang relevan dan menarik. Dengan menyajikan cerita unik tentang hotel, menampilkan testimoni tamu yang puas, dan menyediakan informasi yang berguna, hotel dapat membangun kepercayaan dan menginspirasi calon tamu untuk memilih hotel mereka.

5. Memantau dan Menganalisa Kinerja

Digital marketing hotel memungkinkan manajemen untuk memantau dan menganalisis kinerja kampanye pemasaran secara real-time.

Dengan menggunakan alat analisa digital (misalnya Google Analytics), hotel dapat melacak jumlah kunjungan website, tingkat konversi, dan tingkat kepuasan tamu melalui website resmi mereka.

Selain website, OTA dan marketplace hotel biasanya juga menyediakan alat analisa halaman untuk membantu manajemen hotel melakukan optimasi melalui data-data yang disediakan.

Intinya penggunaan digital marketing akan memudahkan hotel untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja yang penting yang berkaitan dengan marketing dan membantu memutuskan apa langkah selanjutnya setelah melihat data tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Hospitality Mempengaruhi Produktivitas Karyawan

Strategi Digital Marketing Untuk Hotel dan Penginapan

Strategi digital marketing yang efektif sangat penting bagi hotel untuk meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak tamu. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat membantu hotel Anda mencapai tujuan tersebut:

1. Maksimalkan Google Business

Google Business adalah platform yang sangat penting untuk hotel. Pastikan informasi hotel Anda terdaftar dengan lengkap dan akurat di Google Business. Tambahkan foto-foto menarik, deskripsi yang menarik, dan ulasan positif dari tamu sebelumnya. Hal ini akan membantu meningkatkan peringkat hotel Anda di hasil pencarian Google, khususnya untuk pencarian lokal. Pastikan juga setiap pertanyaan dan ulasan di Google Business di-respon sebagai bentuk dari keseriusan pihak hotel melayani calon tamu.

Baca Juga >>  Strategi Marketing Hotel Baru [Panduan Lengkap]

2. Manfaatkan Iklan Hotel dan Pencarian

Gunakan iklan hotel dan kampanye pencarian untuk meningkatkan visibilitas hotel Anda di mesin pencari. Anda dapat menggunakan Google Ads atau platform iklan lainnya untuk menargetkan kata kunci yang relevan dengan hotel Anda. Pastikan iklan Anda menarik dan menggambarkan keunggulan hotel Anda. Saat optimasi dengan SEO belum dapat maksimal, maka mengalirkan traffic dengan instan dan cepat dapat dilakukan melalui iklan.

3. Kelola Media Sosial Hotel

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk mempromosikan hotel Anda. Buat dan kelola akun media sosial yang aktif, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Posting konten yang menarik dan relevan secara teratur, seperti foto-foto hotel, penawaran khusus, dan ulasan tamu. Interaksi dengan pengikut Anda dan tanggapi pertanyaan atau komentar dengan cepat.

4. Manfaatkan Influencer

Kerja sama dengan influencer di industri perhotelan dapat membantu meningkatkan visibilitas hotel Anda. Cari influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan target pasar hotel Anda. Ajak mereka untuk menginap di hotel Anda dan membagikan pengalaman mereka melalui postingan di media sosial mereka. Hal ini dapat membantu menarik perhatian calon tamu potensial.

5. Website yang Responsif dan User-Friendly

Pastikan website hotel Anda dirancang dengan baik, responsif, dan mudah digunakan. Website yang baik akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung dan memudahkan mereka untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan, seperti fasilitas hotel, harga, dan pemesanan kamar.

6. Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

Lakukan optimisasi mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan peringkat hotel Anda di hasil pencarian organik. Lakukan penelitian kata kunci yang relevan dengan hotel Anda dan gunakan kata kunci tersebut dalam konten website Anda. Pastikan website Anda memiliki struktur yang baik, URL yang ramah SEO, dan meta deskripsi yang menarik.

Baca Juga >>  4 Langkah Efektif Menghadapi Keluhan Customer di Bisnis Hotel dan Penginapan

7. Content Marketing

Buat dan bagikan konten yang relevan dan bermanfaat bagi calon tamu hotel Anda. Misalnya, Anda dapat membuat artikel tentang tempat-tempat wisata terdekat, tips perjalanan, atau rekomendasi restoran di sekitar hotel. Konten yang berkualitas akan membantu menarik perhatian calon tamu dan meningkatkan citra hotel Anda. Konten ini dapat Anda tambahkan pada website, dan tentunya dapat digunakan sebagai media untuk mendapatkan traffic secara organik.

8. Iklan Media Sosial

Selain posting konten di media sosial, Anda juga dapat menggunakan fitur iklan di platform media sosial untuk meningkatkan visibilitas hotel Anda. Buat iklan yang menarik dan targetkan audiens yang relevan dengan hotel Anda. Gunakan gambar atau video yang menarik untuk menarik perhatian pengguna media sosial.

9. Internet Marketing

Manfaatkan pemasaran email untuk berkomunikasi dengan tamu potensial dan tamu yang sudah pernah menginap di hotel Anda. Kirimkan penawaran khusus, informasi tentang acara atau promosi hotel, atau berbagi berita terbaru tentang hotel Anda. Pastikan email Anda menarik dan memberikan nilai tambah bagi penerima. Dan pastikan juga Anda memiliki email dari tamu/customer sebagai salah satu poin di database.

Kesimpulan

Bisa dibilang digital marketing hotel adalah strategi pemasaran yang penting dalam industri perhotelan modern. Dengan menggunakan berbagai platform digital, hotel dapat meningkatkan visibilitas, meningkatkan interaksi dengan calon tamu, meningkatkan tingkat pemesanan, membangun citra merek yang kuat, dan memantau kinerja kampanye pemasaran. Dalam era digital ini, hotel yang mampu menguasai digital marketing akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan.

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda