Skip to content

7 Langkah Meningkatkan Jumlah Pengunjung Toko Anda

Menjalankan sebuah toko fisik atau online dapat menjadi tugas yang menantang, terutama jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke toko Anda.

Sebagai pemilik bisnis pertokoan, Anda tentu merasa kurang puas apabila jumlah pengunjung tidak meningkat atau semakin hari semakin berkurang.

Namun, dengan beberapa tips dan trik yang tepat, Anda dapat dengan mudah meningkatkan jumlah pengunjung toko Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan pengunjung toko Anda.

Ini dia 5 langkah naikkan jumlah pengunjung toko Anda yang bisa Anda coba terapkan sebagai upaya meningkatkan omset penjualan ke depannya!

1. Membuat Program Promosi Menarik

Promosi adalah cara yang efektif untuk menarik pengunjung ke toko Anda. Anda dapat menawarkan diskon, hadiah, atau bonus untuk pelanggan yang datang ke toko Anda. Anda juga dapat mengadakan acara khusus, seperti pameran produk, untuk menarik pengunjung.

Untuk meningkatkan keberhasilan program promosi, Anda harus menyiapkan rencana promosi atau kalender promosi terlebih dahulu. Anda bisa membaca artikel Tips Menyiapkan Rencana Promosi untuk mengetahui lebih detilnya.

Pastikan untuk mempromosikan acara Anda dengan baik melalui media sosial, email, atau iklan online.

2. Optimalkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari adalah cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko Anda. Ini akan membantu toko Anda muncul di hasil pencarian Google dan situs lain ketika pelanggan mencari produk atau layanan yang sesuai dengan toko Anda.

Untuk bisnis lokal dengan offline store, Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda melalui Google Bisnis . Anda bisa memasukkan lokasi toko, nomor kontak, dan akan mendapatkan ulasan dari pembeli yang pernah mendatangi toko Anda.

Pastikan untuk memasukkan kata kunci yang relevan ke dalam konten toko Anda dan membuat judul yang menarik. Anda juga dapat menambahkan deskripsi produk yang informatif dan menambahkan gambar yang menarik untuk meningkatkan SEO Anda.

3. Gabungkan Toko Offline dan Online

 

Saat ini ada banyak toko yang beroperasi secara offline dan online sekaligus. Hal itu tentu saja sangat menguntungkan bagi pemilik toko seperti Anda. Pasalnya belanja online lebih mudah diakses oleh siapa saja tanpa harus datang langsung ke toko. Dengan begitu tentu saja jumlah penjualan Anda semakin meningkat karena dapat diakses dari mana saja.

Baca Juga >>  10 Peluang Bisnis di Bali dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Perlu diingat bahwa pelanggan biasanya menggunakan banyak channel untuk berbelanja. Pelanggan bahkan mungkin saja berbelanja online meskipun sedang berada di mall. Jadi, akan sangat baik bagi masa depan toko Anda untuk mengelola toko secara offline dan online. Sediakan fitur terbaik toko oline Anda agar pelanggan tetap nyaman berbelanja.

Buatlah pelanggan merasakan pengalaman berbelanja online yang terbaik. Alhasil mereka akan balik lagi untuk terus berlangganan dengan toko Anda.

Jika Anda ingin lebih baik, maka bisa mencoba untuk menyediakan toko self service agar pelanggan bisa melakukan browsing. Strategi ini termasuk hebat karena Anda memiliki banyak toko dan gudang meskipun tidak menyimpannya hanya pada satu lokasi.

4. Kerjasama Dengan Influencer Media Sosial

Influencer marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda. Influencer adalah individu atau kelompok yang memiliki jumlah besar pengikut di media sosial dan diakui sebagai ahli dalam bidang tertentu. Dengan bekerja sama dengan influencer, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan produk Anda.

Cara kerja dari influencer marketing adalah dengan mengidentifikasi influencer yang sesuai dengan produk atau jasa Anda dan meminta mereka untuk mempromosikan produk Anda kepada pengikut mereka. Influencer dapat mempromosikan produk Anda melalui posting di media sosial, video review, atau melalui konten yang dibuat khusus untuk produk Anda.

Salah satu keuntungan dari influencer marketing adalah bahwa influencer dapat membawa jumlah pengikut yang besar ke produk Anda. Pengikut influencer yang tertarik pada topik yang dibahas oleh influencer tersebut, kemungkinan besar akan tertarik pada produk yang dipromosikan oleh influencer tersebut.

Selain itu, influencer marketing juga dapat meningkatkan kredibilitas produk Anda. Influencer yang diakui sebagai ahli dalam bidang tertentu dapat memberikan testimoni yang kredibel tentang produk Anda, yang dapat membuat pelanggan lebih percaya pada produk Anda.

Baca Juga >>  Menggali Potensi Bisnis Koin Laundry di Bali

Influencer marketing juga dapat digabungkan dengan kampanye pemasaran lain, seperti iklan online atau email marketing, untuk meningkatkan efektivitasnya. Namun, pastikan untuk memilih influencer yang tepat dan memberikan brief yang jelas sebelum memulai kampanye.

Dalam kesimpulan, influencer marketing dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda. Dengan bekerja sama dengan influencer yang tepat dan menggabungkan dengan kampanye pemasaran lain, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan produk Anda.

 

5. Pastikan Suasana Toko Nyaman

Untuk menciptakan suasana toko yang nyaman dan membuat pengunjung betah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Pertama, pastikan pencahayaan di toko Anda cukup terang dan merata, sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas produk yang ditawarkan.

Selanjutnya, letakkan produk dengan strategis dan mudah diakses oleh pengunjung, sehingga mereka merasa mudah untuk menemukan apa yang mereka cari.

Anda juga bisa memperhatikan pengaturan musik di toko, sehingga memberikan suasana yang menyenangkan bagi pengunjung.

Terakhir, pastikan udara di toko selalu segar dengan menggunakan AC atau kipas angin dan menjaga kebersihan di area toko. Dengan menjaga faktor-faktor ini, Anda dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung toko Anda.

 

6. Mudahkan Pelanggan Dalam Proses Transaksi

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempermudah pembeli dalam bertransaksi di dalam toko, fokus pada pembayaran saja:

  1. Menyediakan beberapa opsi pembayaran yang lengkap mudah digunakan oleh pembeli, seperti kartu kredit/debit, e-wallet/QRIS, atau uang tunai.
  2. Menyediakan area kasir yang mudah diakses dan memiliki antrian yang tertata rapi, sehingga pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama untuk membayar.
  3. Memastikan semua harga produk terpampang jelas, termasuk diskon atau promo yang sedang berlaku.
  4. Memastikan semua harga dan total biaya pembelian terpampang jelas di layar kasir saat pembayaran dilakukan.
  5. Menerima pembayaran dengan cepat dan akurat, sehingga pembeli tidak merasa terganggu atau kecewa.
  6. Menyediakan kembalian secara cepat dan akurat jika pembeli membayar dengan uang tunai.
  7. Memberikan pilihan untuk menerima struk pembayaran secara digital atau fisik.
Baca Juga >>  Tetap Penting! Ini Kelebihan Outdoor Advertising di Era Serba Digital

Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat menciptakan pengalaman pembayaran yang mudah dan menyenangkan bagi pembeli, sehingga meningkatkan kepuasan dan peluang mereka untuk kembali berbelanja di toko Anda di masa depan.

 

7. Tanamkan Bahwa Semua Team Adalah Marketing

Setiap karyawan memiliki peran yang berbeda dalam perusahaan, namun setiap peran tersebut dapat digunakan untuk mendukung pemasaran perusahaan.

Karyawan yang bekerja di customer service dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan, sehingga mereka akan lebih mungkin untuk kembali dan merekomendasikan perusahaan kepada teman dan keluarga mereka.

Karyawan yang bekerja di produksi dapat membuat produk yang berkualitas dan memenuhi harapan pelanggan, sehingga pelanggan akan merasa puas dan lebih mungkin untuk membeli produk yang sama lagi.

Selain itu, karyawan juga dapat membantu dalam pemasaran melalui sosial media. Mereka dapat berbagi konten perusahaan dan produk melalui akun pribadi mereka, sehingga meningkatkan jangkauan perusahaan dan meningkatkan kesadaran merek.

Penting untuk diingat bahwa semua karyawan perusahaan adalah representasi dari merek dan perusahaan itu sendiri, jadi setiap interaksi yang mereka lakukan dengan pelanggan atau klien akan mempengaruhi persepsi mereka tentang perusahaan.

Oleh karena itu, penting untuk menyediakan karyawan dengan pelatihan yang diperlukan untuk membuat interaksi yang positif dengan pelanggan.

Dalam kesimpulan, semua karyawan perusahaan dapat berperan dalam meningkatkan pemasaran perusahaan. Dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berperan dalam pemasaran dan memberikan pelatihan yang diperlukan, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek dan menarik dan mempertahankan pelanggan.

Itulah 5 langkah meningkatkan jumlah pengunjung toko yang bisa anda coba.

Semoga bermanfaat.

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda