Skip to content

Jualan Lebih Laris Pakai Ilmu Branding. Kok Bisa?

Branding bisnis kini menjadi salah satu strategi penjualan yang paling sering dibahas. Pasalnya, melalui ilmu branding, produk atau jasa yang menjadi icon dari si penjual bisa lebih dikenal masyarakat dengan memberikan kesan positif sehingga tidak hanya tahu tentang produk atau jasa yang diiklankan tetapi bisa menarik perhatian masyarakat.

Nah, sebelum Anda mengenal pentingnya penerapan branding, ketahui terlebih dahulu penjelasan tentang branding itu sendiri.

Apa Itu Brand/Merk?

Mengambil referensi dari hubspot, brand adalah identitas dan cerita dari sebuah perusahaan yang membedakan dengan perusahaan yang menjual produk dan layanan sejenis. Tujuan dari brand adalah menjadi yang diingat pertama oleh target market jika membutuhkan produk/layanan tertentu.

Contoh :

Apple, adalah identik dengan kualitas, investasi jangka panjang, serta gengsi sebagai seorang kreator. Sedangkan Nike identik dengan atlet hebat, olahragawan terbaik, dan menghargai  orang yang berdedikasi dengan olahraga.

Apa Itu Branding?

Menurut hubspot sendiri, Branding adalah proses dalam membangun identitas dari perusahaan. Aktifitas ini termasuk menciptakan identitas visual, logo, gaya penyampaian iklan, brand ambassador, dll yang dilakukan secara konsisten hingga tercipta sebuah asosiasi antara produk dengan brand kita.

Pentingnya Pakai Ilmu Branding, Jualan Jadi Lebih Laris

Terdapat beberapa poin penting yang membuat Anda sangat direkomendasikan melibatkan aktifitas branding di sebuah bisnis yang sedang dijalankan.

Baik branding secara konvensional maupun digital. Branding konvensional bisa dilakukan melalui poster, baliho, dan lainnya termasuk dari mulut ke mulut.

Sementara, untuk branding digital bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, tik tok, email marketing, dan lainnya.

Dengan melakukan langkah branding tersebut, Anda akan mendapatkan beberapa hal berikut.

  1. Merek bisa terkenal dengan lebih mudah
Baca Juga >>  Menggali Potensi Bisnis Koin Laundry di Bali

Adanya branding bisa membuat brand atau merek Anda diketahui oleh target pasar dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, melalui branding juga bisa membuat masyarakat tahu bahwa terdapat perbedaan antara produk yang Anda jual dengan produk dari kompetitor.

  1. Kepercayaan terhadap produk meningkat

Alasan kedua yang membuat Anda harus menerapkan ilmu branding di dalam bisnis yang sedang dijalankan sebab bisa menciptakan kepercayaan terhadap produk yang dijual. Jadi, selain dikenal dan menarik perhatian konsumen, bisa juga membuat mereka menjadi loyal dengan produk Anda.

Pasalnya, melalui tindakan branding, bisnis Anda akan memiliki image positif, Nah, image positif inilah yang bisa membuat pelanggan lebih percaya dan semakin ramai yang minat dengan produk Anda.

Namun, jangan sampai Anda merusak kepercayaan mereka dengan memberikan kualitas yang menurun. Tetap berikan yang terbaik untuk membangun kepercayaan yang berkepanjangan. Bahkan, cara ini juga bisa membuat pelanggan bisa lebih betah menjalin hubungan bisnis dengan Anda sebab kualitas dan citra merek terjaga dengan baik.

  1. Bisnis menjadi memiliki posisi yang kuat di dalam industri

Bukankan kemampuan dalam bersaing di dunia industri dengan kuat adalah harapan yang Anda miliki dengan bisnis yang sedang dijalankan? Nah, jika ingin kondisi ini terjadi, maka yang perlu Anda lakuakan adalah dengan menjalankan branding sebaik mungkin.

Jika ditinjau untuk jangka panjang, maka usaha yang memiliki tekad kuat dalam memperkuat merek mereka bisa menempatkan bisnis di posisi paling strategis dalam industrinya. Akibatnya, akan sangat bisa untuk bersaing dengan kompetitor.

  1. Mendukung pemasaran merek

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan mendalami sistem branding, bisa mendukung pemasaran merek milik Anda. Upaya marketing akan jauh lebih mudah ketika nantinya Anda sudah memiliki kepercayaan dari pelanggan. Itu sebabnya bisa dikatakan bahwa melalui branding, bisa membantu pemasaran merek menjadi lebih sukses.

  1. Memperluas jangkauan pasar
Baca Juga >>  Mengenal Evolusi Marketing 1.0 hingga 6.0

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan banyak pelanggan adalah dengan menjalankan ilmu branding dengan baik. Pasalnya, melalui branding, Anda bisa memperluas jangkauan pasar. Apalagi jika teknik branding yang Anda lakukan bisa mengikuti perkembangan zaman. Dengan begitu, akan semakin mudah diterima oleh banyak masyarakat dan membuat usaha berkembang lebih pesat.

Sebagai contoh, tidak hanya memasang promosi melalui billboard saja. Anda bisa mengikuti promosi dalam bentuk short video yang kini sedang ramai digandrungi banyak orang.

  1. Mempengaruhi psikologi konsumen

Tahukah Anda ternyata branding juga memiliki fungsi untuk mempengaruhi psikologi konsumen. Branding bisa membantu perusahaan Anda untuk memenangkan persaingan dan lebih menonjol di antara produk kompetitor lain. Nah, kondisi ini bisa mempengaruhi psikologi konsumen khususnya dalam mengambil keputusan untuk lebih memilih produk Anda.

Dengan begitu, selain bisa mendapatkan kepercayaan dan jangkauan market yang luas, Anda juga bias meyakinkan calon pelanggan akibat adanya branding yang baik.

Itulah pembahasan seputar ilmu branding lengkap dengan alasan kenapa harus menggunakannya yang perlu Anda tahu.

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda