Skip to content

4 Langkah Yang Bisa Dilakukan Saat Penjualan Sepi

Penjualanmu sepi nggak kayak biasanya? omset turun drastis? Wah harus waspada dan segera dicari penyebab dan solusinya. Artikel kali ini akan mencoba memberikan 4 langkah yang bisa kamu lakukan saat penjualan sepi/turun.

Perlu diingat dulu, semua pengusaha pasti pernah mengalami. Jadi it’s normal sama seperti saat penjualan naik.

Tapi sebelum itu, yuk kita coba beda apa saja faktor yang bikin penjualan kamu menurun.

Hal – hal yang Membuat Penjualan Sepi Pembeli

Sebelum kita menuju ke bagian langkah untuk mengatasi penjualan sepi, maka terlebih dahulu ketahui hal-hal apa saja yang bisa membuat penjualan kamu sepi pembeli.  Beberapa penyebabnya antara lain kemungkinan:

  1. Pelayanan Kurang Bagus

Dalam berbisnis bukan cuma jualan barang saja, tetapi juga wajib untuk melayani pelanggan dengan baik. Banyak pembeli yang memutuskan tidak jadi membeli barang karena mempunyai pengalaman dengan pelayanan kurang memuaskan. Bisa jadi karyawan kamu jutek, tukang parkir jutek, atau sering salah pesanan, dll.

  1. Kualitas Produk Tidak Konsisten

Misalnya kita berbicara di ranah usaha kuliner, maka rasa dan juga penampilan penting untuk bisa menarik pelanggan. Namun bisa jadi kadang akan kesulitan untuk menjaga kualitas secara konsisten.

Rasa hari ini dan kemarin bisa saja sedikit berbeda, atau tampilan yang nantinya disajikan belum tidak memenuhi standar sehingga pelanggan merasa kecewa dengan perubahan ini.

  1. Ketinggalan Jaman

Periksa kembali dengan teliti, apakah usaha kamu saat ini masih mempraktikkan cara-cara gaya lama ketika berjualan?

Baca Juga >>  Pentingnya Peran Neonbox dalam Bisnis Restoran

Misalnya tidak melayani pembelian secara online hingga pilihan pembayaran yang hanya bisa dilakukan secara tunai saja bisa menjadi salah satu alasan mengapa usaha Anda bisa sepi dengan pembeli.

Ketika semua orang sudah punya IG /WA untuk jualan dan ternyata kamu belum, maka hal ini bisa jadi salah satu yang bikin usaha kamu sepi kayak kuburan.

  1. Produk Kurang Kompetitif

Bisa saja produk yang Anda miliki masih kurang kompetitif dibandingkan dengan produk-produk yang serupa. Padahal, persaingan dalam usaha ini merupakan sebuah hal yang biasa sehingga Anda harus selalu melakukan inovasi dan juga mengembangkan produk terbaik sesuai dengan target pelanggan.

Coba saja kamu cek produk pesaing langsung kamu seperti apa kualitasnya, harganya, kemasannya. Kalau semua pesaingmu sudah lebih bagus artinya kamu ketinggalan dan harus segera berubah paling tidak menyamai kompetitor

Trus gimana dong solusinya?

Baca terus yaa…

 

4 Langkah Jitu Untuk Mengatasi Ketika Penjualan Sepi

Saat penjualan Anda sepi dan dibiarkan saja tidak ada action maka bisa dipastikan jika usaha yang Anda miliki akan gulung tikar.

Lalu, langkah atau cara mengatasi penjualan menurun yang seperti apa nantinya dapat Anda ambil untuk mengatasi situasi ini?

Berikut ini 4 langkah mengatasi penjualan sepi supaya ramai pelanggan kembali.

  1. Buat Promo

Semua orang pastinya akan tergiur dengan diskon dan juga harga promo. Supaya omset naik kembali, langkah ini dapat Anda coba untuk menarik pelanggan baru agar datang ke tempat Anda.

Anda dapat memikat mereka dengan cara menawarkan diskon perkenalan maupun promo spesial, misalnya jika membeli 2 dapat 1.

Cara ini akan cukup efektif supaya bisa untuk memperkenalkan usaha Anda pada para pelanggan yang baru. Anggap saja ini adalah sebuah upaya untuk mengubah kebiasaan belanja mereka agar bisa beralih ke usaha Anda.

Baca Juga >>  Tetap Penting! Ini Kelebihan Outdoor Advertising di Era Serba Digital

Setelah itu, pelajari Anda wajib untuk mempelajari dan menelusuri penawaran mana yang nantinya akan mereka ambil.

Trik ini akan sangat bagus untuk menilai seberapa efektif program diskon dan juga harga promo tersebut, sekaligus untuk mempersiapkan strategi pemasaran yang lainnya di masa mendatang.

  1. Aktif Rutin Promosi Secara Online

Melakukan pencarian online menjadi langkah pertama yang akan dilakukan para pelanggan masa kini ketika akan membeli sebuah produk. Kamu dapat menggunakan website atau akun media sosial agar mereka lebih mudah menemukan informasi bisnismu.

Bangun website dan media sosial tersebut supaya terlihat menarik, informatif, dan dapat mempromosikan produk maupun layanan yang kamu miliki. Bukan hanya sekadar memajang produknya semata, tetapi juga aktif untuk selalu berinteraksi dengan para pengunjung.

Buat sebuah challenge untuk menggaet lebih banyak pelanggan, misalnya buat tantangan terkait produk dan berikan hadiah untuk pemenang, seperti cashback, produk gratis/giveaway, maupun diskon tertentu.

Berikan syarat dengan mengikuti akun media sosial Anda dan membantu promosi dengan cara share link. Hal ini akan membuat usaha Anda lebih dikenal banyak orang.

  1. Lakukan evaluasi penjualan

Periksa selalu hasil penjualan Anda, mana item, produk, maupun menu yang banyak dibeli dan mana yang kurang diminati oleh para pembeli dari sini nantinya Anda akan mudah untuk mengatur strategi promosi. Misalnya, berikan harga diskon untuk item yang paling jarang dibeli, atau tawarkan promo beli 1 gratis 1 agar barang cepat terjual.

  1. Meningkatkan pelayanan

Lakukan evaluasi pelayanan yang sudah Anda berikan, baik dari cara berkomunikasi dengan pelanggan, solusi yang diberikan sudah sesuai dengan pelanggan atau belum. Selain itu untuk standar pelayanan harus konsisten, baik untuk hari ini atau hari-hari selanjutnya. Hal ini yang akan membantu untuk mengatasi penjualan sepi dan pelanggan mau kembali lagi.

Baca Juga >>  Peran Penting Reklame dalam Meningkatkan Brand Awareness

 

Demikian artikel 4 Langkah Yang Bisa Dilakukan Saat Penjualan Sepi semoga bisa bantu kamu untuk setidaknya mendapat ide yang segera bisa dieksekusi.

Dan semoga bisnis kamu laris lagi yaa.

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda