Skip to content

7 Tools Online Digital Marketing Gratis untuk Produksi Konten Berkualitas

Berbicara mengenai digital marketing, pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya konten. Ada yang bilang bahwa “content is a king” atau konten adalah raja.

Hal tersebut tidak salah, karena di era digital sekarang ini, konten adalah media penjembatan antara penjual dengan pembeli yang paling efektif.

Karena dengan konten, kita dapat mempengaruhi pembeli untuk mencoba produk atau layanan yang ditawarkan. Tidak hanya fokus ke penjualan saja, banyak hal positif lain yang bisa dilakukan oleh konten berkualitas. Seperti membangun brand yang kuat, meningkatkan traffic ke website dan lainnya dengan tujuan akhir adalah penjualan.

Di sini kita akan membagikan 7 tools online digital marketing gratis yang bisa Anda coba. Beberapa tidak memerlukan skill khusus, tetapi ada juga yang perlu.

Peran Tools untuk Produksi Konten Berkualitas

Untuk membuat konten yang berkualitas atau dalam hal ini menarik perhatian calon konsumen, maka diperlukan sebuah tools yang tepat.

Misalkan Anda ingin membuat materi desain untuk keperluan posting di Instagram. Beberapa tools editing desain yang bisa digunakan adalah Corel Draw atau Adobe Photoshop. Kedua tools tersebut sangat powerful untuk membuat konten yang keren.

Tapi perlu diingat bahwa kedua tools tersebut membutuhkan skill khusus yang perlu waktu untuk dipelajari.

Untungnya saat ini banyak tools seperti itu yang dapat diakses melalui website atau aplikasi di smartphone. Menariknya tools tersebut bisa diakses secara online dengan gratis!

Nah, tentu jika ingin membuat konten yang berkualitas, tidak hanya keren, tetapi juga harus relevan dengan orang yang melihatnya. Oleh karena itu diperlukan riset, dan untungnya ada tools yang dapat membantu Anda melakukan itu.

7 Tools Online Digital Marketing Gratis untuk Produksi Konten Berkualitas

Untuk membuat konten berkualitas, tentu ada tahapannya. Mulai dari riset target audience atau orang yang nantinya akan melihat konten Anda, mengumpulkan materi seperti foto atau video, membuat desain, membagikan konten, hingga evaluasi performa konten.

Baca Juga >>  7 Rahasia Memulai Bisnis Bakery di Bali yang Sukses

Di sini kita akan membagikan 7 tools online digital marketing gratis yang bisa Anda coba. Beberapa tidak memerlukan skill khusus, tetapi ada juga yang perlu. Tapi saat Anda menguasainya, hasilnya akan bisa optimal karena konten dapat sampai ke calon konsumen dengan tepat dan hasil akhirnya adalah mencoba produk atau layanan Anda.

1. Google Trends

Sesuai dengan namanya, Google Trends memungkinkan untuk mengetahui tren dari kata kunci atau topik yang Anda inputkan. Anda bisa melakukan riset dengan cara melihat tren berdasarkan wilayah, waktu, dan kategori. Anda juga bisa membandingkan 2 tren dari kata kunci atau topik dalam periode tertentu. Misalkan Anda bisa mendapatkan insight bahwa tren dari “skincare korea” ternyata mengalami kenaikan jika melihat data 2024 dibanding 2023.

Website: trends.google.com

2. Surveymonkey

Salah satu cara tepat untuk mengetahui minat atau kebutuhan pasar adalah dengan melakukan survey. Jika Anda merasa tampilan Google Form terlalu kaku (dan bikin orang malas mengisi survey), maka bisa mencoba Surveymonkey yang lebih menarik secara visual.

Anda bisa membuat survey online dengan mudah berkat ketersediaan template pertanyaan, dan juga bisa menargetkan survey ke demografi tertentu. Hasil survey juga ditampilkan dengan grafis menarik. Memang butuh effort untuk membuat survey yang efektif, tapi hasilnya sepadan.

Anda dapat membuat survey untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, survey untuk mengetahui kebutuhan pelanggan Anda, atau survey untuk mengetahui tren pasar.

Website: surveymonkey.com

3. Airtable

Jika Anda nantinya bekerja dengan team, tentu hal yang sulit adalah melakukan kolaborasi untuk mengatur agar proyek dapat berjalan dengan tepat dan sesuai waktu. Untuk itu diperlukan sebuah tools untuk melacak kemajuan proyek tersebut. Anda bisa melakukannya dengan Airtable.

Di dalamnya terdapat berbagai macam template untuk manajemen proyek yang mudah dimengerti. Setiap template juga dapat diedit menyesuaikan kebutuhan Anda dengan tim.

Baca Juga >>  Bagaimana Cara Bisnis Penginapan Bertahan di Tengah Maraknya Kompetitor?

Misalnya Anda bisa membuat sebuah dashboard untuk melacak kemajuan proyek, dan mengundang semua anggota tim yang terlibat. Harapannya proyek dapat terlacak dengan baik dan selesai tepat waktu.

Website: airtable.com

7 tools online digital marketing gratis - Airtable

Airtable memiliki puluhan template manajemen proyek yang bisa Anda pilih.

4. Canva

Setelah mendapatkan insight mengenai minat dan kebutuhan calon konsumen, tentu langkah selanjutnya adalah membuat konten yang tepat. Tidak hanya tepat dan berguna, namun juga harus menarik.

Daripada harus menggunakan Corel Draw untuk membuat desain, Canva bisa menjadi penyelamat. Karena untuk menggunakannya tidak memerlukan skill desain tingkat dewa. Di Canva sudah tersedia ratusan template untuk konten, misal untuk Instagram Post, Instagram Stories, infografis dan lainnya.

Yang lebih menarik, tersedia juga ribuan template siap pakai. Anda tinggal mengganti foto, video dan teks yang ada dengan cepat. Setelah jadi, desain siap untuk download dan dibagikan. Canva dapat diakses dengan laptop/PC melalui website, dan juga dengan smartphone/tablet dengan menginstall aplikasinya.

Website: canva.com

Baca Juga: Penting! 8 Tools Riset Pasar untuk Pahami Kebutuhan Pelanggan

5. Pexels

Ketika ingin membuat sebuah desain konten, tentu memerlukan foto atau video beresolusi tinggi dan juga menarik. Anda memang dapat mencarinya di Google, tapi tentu bermasalah dengan hak cipta.

Untuk mencari foto atau video yang berkualitas dan bebas hak cipta, Anda bisa mengambilnya di Pexels. Terdapat puluhan ribu foto dan video yang bisa Anda download dan gunakan di desain dengan bebas tanpa perlu memberikan credit pada pemiliknya. Resolusinya juga tajam dan tinggi sehingga Anda tidak perlu takut pecah.

Website: pexels.com

6. Buffer

Setelah konten selesai, langkah selanjutnya adalah membagikan ke media sosial. Tapi bayangkan jika Anda perlu mem-posting ke 5 channel: Facebook, Instagram, TikTok, Twitter dan YouTube. Pasti merepotkan jika harus melakukannya satu-persatu.

Jika tidak ingin repot dan menghemat waktu, Anda bisa menggunakan Buffer. Di sini Anda dapat terhubung dengan beberapa akun media sosial sekaligus. Jadi jika ingin melakukan posting konten di Facebook, Instagram dan TikTok misalnya, cukup dilakukan sekali saja dan konten akan dikirimkan ke 3 media sosial tersebut dengan satu kali klik.

Baca Juga >>  Gen Z: Potensi Baru untuk Bisnis Spa dan Yoga

Dengan Buffer, Anda juga dapat menjadwalkan waktu posting konten. Karena posting konten di jadwal tertentu akan menghasilkan tingkat engagement yang optimal pula. Misalkan target audience Anda adalah ibu-ibu muda berumur 25-30 tahun, maka Anda bisa menjadwalkan waktu posting di siang hari antara jam 10-12 misalnya. Karena di waktu tersebut para ibu sedang senggang setelah melakukan aktifitas membersihkan rumah atau mengantar anak sekolah.

Website: buffer.com

7 tools online digital marketing gratis -> Buffer

Dengan Buffer, Anda bisa menjadwalkan postingan media sosial dengan mudah.

7. Mailjet

Jika Anda sudah memiliki basis database customer yang kuat dan jumlahnya banyak. Maka bisa melakukan strategi email marketing untuk menjaga komunikasi. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan tools email marketing gratis bernama Mailjet.

Lupakan tampilan email yang sangat kaku, karena di sini tersedia berbagai macam template desain email dimana Anda bisa menambahkan teks, foto dan video layaknya sebuah landing page. Karena hasilnya kerena, maka customer pun makin tertarik dan Anda tentunya makin terlihat profesional dan bisa meningkatkan kredibilitas bisnis.

Website: mailjet.com

Kesimpulan

Pada akhirnya, berbagai tools online ini dapat membantu Anda membangun strategi konten yang lebih efektif dan mencapai tujuan digital marketing.

Ingatlah bahwa tools online hanyalah alat bantu. Kunci utama dalam membuat konten berkualitas adalah kreativitas, ide yang menarik, dan dedikasi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi audiens Anda.

Gunakan tools online ini dengan bijak dan Anda akan melihat hasil yang luar biasa dalam strategi konten.

 

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda