Skip to content

5 Tips Motivasi Karyawan Agar Lebih Produktif

Dalam suatu perusahaan, sumber daya manusia adalah salah satu komponen terpenting dalam perkembangan dan kemajuan dari perusahaan.

Oleh karena itu, karyawan yang bekerja di suatu perusahaan harus memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Tujuannya adalah agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang besar efeknya juga berdampak kepada penghasilan karyawan.

Berikut ini adalah tips-tips buat kamu untuk memotivasi karyawan/team kamu supaya kinerjanya lebih meningkat.

1. Hargailah Semua Karyawan Tanpa Pilih Kasih

Adapun tips untuk memotivasi karyawan yang pertama adalah, Kamu mampu menghargai semua karyawan yang bekerja di perusahaan dengan baik.

Sebagai pemilik perusahaan, Kamu harus meningkatkan dan menerapkan budaya menghargai sesama karyawan tanpa memandang suku, ras, agama, dan golongan tertentu.

Dengan demikian, maka semua karyawan akan merasa lebih nyaman dalam bekerja sehari-hari di perusahaan.

Sikap saling menghargai antara karyawan dan pimpinan perusahaan bisa dilihat dari aspek penggunaan bahasa sehari-hari yang baik. Dalam artian tidak kasar, tidak menyakiti hati karyawan, dan tidak menyinggung hati karyawan tersebut.

Selain itu, pada saat bercanda satu sama lainnya diusahakan jangan sampai ada kalimat yang tidak baik diucapkan kepada sesama karyawan. Meskipun, konteksnya hanya bercanda namun pastikan ya tetap dengan kalimat yang sopan dan baik.

Tekankan bahwa tindakan bullying tidak bisa ditoleransi siapapun pelakunya. Hal ini untuk mendidik bahwa perusahaanmu memiliki value yang baik.

2.  Bikin Kompetisi dan Acara Reward Untuk Karyawan

Kegiatan bersaing secara sehat dan memberikan penghargaan untuk karyawan merupakan tips untuk memotivasi karyawan agar lebih baik kinerjanya.

Adanya kompetisi yang dilakukan secara sehat tersebut bisa mengasah karyawan menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Tujuan dilakukannya kompetisi tersebut adalah sebagai sarana untuk menghibur para karyawan yang telah bekerja keras dengan baik.

Baca Juga >>  10 Cara Memilih Warna Branding Bisnis Yang Tepat

Selain itu, bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan agar bisa mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tidak lengkap jika mengadakan sebuah kompetisi atau event tanpa adanya reward atau penghargaan yang diberikan kepada pemenang.

Dengan adanya penghargaan yang diberikan tersebut, maka karyawan akan lebih termotivasi untuk bekerja keras dan meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, para karyawan tentunya akan merasa sangat senang karena pihak perusahaan telah mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan.

Banyak cara untuk memberikan penghargaan kepada karyawan mulai dari insentif, bonus, dan tunjangan lainnya.

3. Memberikan Fasilitas untuk Meningkatkan Skill Karyawan

Adanya fasilitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan skill karyawan adalah salah satu tips untuk memotivasi karyawan.

Fasilitas tersebut bisa berupa pelatihan atau training yang bertujuan untuk mengasah skill karyawan dan memberikan kesempatan karyawan untuk bertumbuh dengan lebih baik.

Tujuan lainnya adalah untuk memberikan motivasi kepada para karyawan, sehingga dapat berdampak pada kinerjanya.

Kemudian, sesama karyawan bisa menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan dapat membangun team work yang lebih baik untuk bekerja sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Kegiatan training atau pelatihan ini sangat menguntungkan bagi karyawan maupun perusahaan. Mulai dari bertambahnya ilmu pengetahuan yang baru untuk karyawan dan majunya perusahaan.

Selanjutnya, mengasah kemampuan multitasking yang harus ada pada setiap karyawan.

Dengan demikian tidak ada lagi karyawan yang mengeluh bahwa tidak kompeten di bidangnya dan merasa pesimis serta rendah diri dengan karyawan lain yang memiliki keahlian di bidang lain.

 

4. Memberikan Jaminan Jenjang Karier untuk Karyawan

Adanya suatu jaminan yang pasti mengenai jenjang karier adalah bagian dari tips untuk memotivasi karyawan agar lebih semangat lagi dalam bekerja.

Baca Juga >>  Mau Bisnis Bertahan Lama? Pahami Dulu Akuisisi dan Retensi Pelanggan

Karena, banyak karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan sangat mengharapkan jenjang karier tersebut. Melalui jenjang karier tersebut, karyawan bisa mengukur sampai dimana kemampuannya dalam bekerja dan tentunya mengharapkan gaji yang tinggi.

Pada suatu perusahaan, apabila semakin tinggi jenjang karier atau jabatan karyawan yang bekerja tersebut maka akan semakin besar pula pendapatannya. Oleh karena itu, banyak karyawan yang berlomba-lomba untuk mengejar jenjang karier di perusahaan tempat bekerja.

Bagi perusahaan, menawarkan jenjang karier yang pasti kepada karyawan sangat penting. Hal ini untuk menjaga stabilitas perusahaan dan membuat karyawan semakin nyaman untuk bekerja di suatu perusahaan.

Biasanya perusahaan banyak yang maju karena telah menjamin aspek kepastian dalam jenjang karier karyawannya. Sehingga, baik karyawan akan lebih produktif dalam bekerja karena adanya kepastian dan tawaran jenjang karier ini yang diberikan oleh perusahaan.

5. Memberikan Fasilitas Tambahan untuk Karyawan

Hal yang paling penting dalam tips untuk memotivasi karyawan yaitu memberikan fasilitas tambahan yang lengkap kepada karyawan selain gaji.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan berbagai fasilitas menarik yang membuat karyawannya menjadi betah dan bertambah semangat untuk bekerja.

Mulai dari adanya bonus, tunjangan, layanan kesehatan, AC, Wifi, peralatan safety, layanan konseling ke psikolog, kantin, makanan ringan, minuman, voucher belanja, dan fasilitas lainnya.

Dengan demikian, karyawan pasti akan merasakan kenyamanan ketika bekerja di perusahaan. Karena, fasilitas yang disediakan oleh perusahaan sangat mendukung dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pekerjanya dengan baik.

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda