Skip to content

15 Makanan Khas Bali yang Harus Dicoba oleh Pecinta Kuliner

Ciri Khas Makanan Bali

Makanan khas Bali memiliki ciri yang sangat kaya dan unik. Pulau Bali yang terkenal dengan keindahan alamnya juga menyajikan hidangan yang menggugah selera. Salah satu ciri khas makanan Bali adalah penggunaan bumbu rempah yang melimpah, memberikan cita rasa yang kaya dan lezat.

Ciri khas makanan Bali tidak hanya terletak pada rasa yang lezat, tetapi juga pada presentasi yang indah. Hidangan-hidangan Bali sering kali disajikan dengan tata cara yang cantik dan menarik, seperti menggunakan daun pisang sebagai bungkus atau hiasan yang menambah keindahan hidangan.

Jadi, jika Anda ingin mencoba makanan yang kaya rempah dan memiliki cita rasa yang lezat, jangan lewatkan untuk mencicipi hidangan khas Bali. Dijamin, Anda akan terpesona dengan kelezatan dan keunikan makanan Bali yang khas dan lezat.

15 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Bali, pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah menarik. Jika Anda berkunjung ke Bali, jangan lewatkan untuk mencoba 20 makanan khas yang wajib dicoba ini. Siapkan perut Anda untuk petualangan kuliner yang menggugah selera!

1. Ayam Betutu

Adalah hidangan khas Bali yang terkenal. Ayam Betutu adalah ayam yang dimasak dengan bumbu khas Bali yang terdiri dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kemiri, dan rempah lainnya. Ayam Betutu biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau direbus dalam waktu yang lama sehingga dagingnya menjadi lembut dan bumbunya meresap dengan sempurna. Rasanya yang kaya dan pedas membuat Ayam Betutu menjadi hidangan yang sangat lezat dan cocok untuk dinikmati bersama nasi.

2. Tum Ayam

Merupakan hidangan tradisional Bali yang terbuat dari daging ayam yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Daging ayam yang sudah diolah dengan bumbu khas Bali seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah lainnya, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Tum Ayam memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas, serta aroma yang harum dari daun pisang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal untuk menambah cita rasanya.

Baca Juga >>  Gen Z: Potensi Baru untuk Bisnis Spa dan Yoga

3. Bebek Betutu

Makanan khas Bali satu ini terkenal dengan cita rasa yang kaya dan pedas. Bebek Betutu adalah bebek yang dimasak dengan bumbu khas Bali yang terdiri dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kemiri, dan rempah lainnya. Bebek Betutu biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau direbus dalam waktu yang lama sehingga dagingnya menjadi lembut dan bumbunya meresap dengan sempurna. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal untuk menambah kenikmatannya.

4. Nasi Jinggo

Nasi khas Bali ini adalah nasi kecil yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, sate, telur, dan sambal. Nasi Jinggo biasanya dijual di warung-warung kecil di Bali dan menjadi makanan favorit masyarakat setempat. Hidangan ini memiliki rasa yang lezat dan praktis untuk dinikmati sebagai makanan ringan atau sebagai hidangan utama.

5. Nasi Tepeng

Selain Nasi Jinggo, ada juga Nasi Tepeng yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan bumbu khas Bali seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah lainnya. Nasi Tepeng biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, sate, telur, dan sayuran. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas, serta tekstur nasi yang lembut. Nasi Tepeng sering kali menjadi hidangan yang populer di acara-acara khusus seperti upacara adat atau perayaan.

Baca Juga: 10 Cara Mempromosikan Usaha Kuliner Dengan Budget Minim

6. Nasi Lawar

Terdiri dari nasi yang dicampur dengan sayuran, daging, dan rempah-rempah. Nasi Lawar biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam, bebek, atau babi yang dimasak dengan bumbu khas Bali. Hidangan ini memiliki rasa yang khas dan tekstur yang beragam karena campuran berbagai bahan. Nasi Lawar sering kali menjadi hidangan yang istimewa di acara-acara adat atau perayaan di Bali.

7. Nasi Kuning Bali

Bedanya, Nasi Kuning Bali ini adalah nasi kuning yang dimasak dengan bumbu khas Bali seperti kunyit, serai, daun pandan, dan rempah lainnya. Nasi Kuning Bali biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam, bebek, atau babi yang dimasak dengan bumbu khas Bali. Hidangan ini memiliki rasa yang lezat dan aroma yang harum. Nasi Kuning Bali sering kali menjadi hidangan yang populer di acara-acara adat atau perayaan di Bali.

Baca Juga >>  Kelebihan vs Kekurangan Billboard Sebagai Media Promosi

Nasi Kuning Bali biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam, bebek, atau babi yang dimasak dengan bumbu khas Bali.

8. Sate Lilit

Dibuat dengan daging cincang yang dicampur dengan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, serai, dan kemiri. Kemudian adonan daging ini dibalut di sekitar batang serai atau bambu sebelum dipanggang di atas bara api. Hasilnya adalah sate yang lezat dengan aroma yang menggugah selera.

9. Sate Plecing

Sebenarnya hidangan khas Lombok yang juga populer di Bali. Sate ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan bambu. Setelah dipanggang, sate ini disajikan dengan bumbu plecing yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, tomat, dan terasi. Rasanya pedas dan segar, cocok untuk pecinta makanan pedas.

10. Rujak Bulung

Rujak khas Bali ini terkenal dengan rasa segar dan pedasnya. Terbuat dari campuran buah-buahan seperti mangga muda, nanas, kedondong, dan timun yang dipotong dadu. Kemudian buah-buahan ini dicampur dengan bumbu rujak yang terbuat dari cabai, gula merah, terasi, dan air jeruk nipis. Rasanya segar, pedas, dan sedikit manis, cocok untuk menghilangkan dahaga di cuaca panas.

11. Rujak Buleleng Bali

Hidangan rujak yang berasal dari Buleleng, Bali. Terbuat dari campuran buah-buahan seperti mangga, jambu biji, nanas, dan kedondong yang dipotong dadu. Buah-buahan ini kemudian dicampur dengan bumbu rujak yang terbuat dari cabai, gula merah, terasi, dan air jeruk nipis. Rasanya segar, pedas, dan sedikit asam, cocok untuk menggugah selera.

12. Bubur Mengguh

Terkenal dengan kelezatannya dan terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa dan gula merah. Bubur ini kemudian disajikan dengan taburan kelapa parut dan irisan pisang. Rasanya manis dan gurih, cocok untuk sarapan atau camilan di siang hari.

Baca Juga >>  Mengenal Apa Itu AI dan Manfaatnya untuk Wisata Bali

13. Jukut Ares

Makanan khas Bali ini terbuat dari daun kelor yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas Bali. Hidangan ini memiliki rasa yang unik dan segar, serta kaya akan nutrisi karena daun kelor yang digunakan. Biasanya, Jukut Ares disajikan dengan nasi putih dan lauk-pauk lainnya seperti ayam atau ikan. Rasanya yang lezat dan aroma harumnya membuat Jukut Ares menjadi hidangan yang populer di Bali.

14. Bandeng Bumbu Bali

Merupakan salah satu hidangan laut yang terkenal di Bali. Hidangan ini terbuat dari ikan bandeng yang dimasak dengan bumbu khas Bali seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Rasanya yang pedas dan gurih membuat Bandeng Bumbu Bali menjadi hidangan yang menggugah selera. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan nasi putih, sambal matah, dan sayuran segar sebagai pelengkapnya.

15. Tipat Blayag

Tipat Blayag adalah hidangan tradisional khas Bali yang terkenal dengan cita rasa yang unik dan lezat. Hidangan ini terdiri dari tipat (ketupat) yang disajikan dengan berbagai bahan pelengkap seperti sayuran, daging, dan bumbu khas Bali. Tipat Blayag biasanya disajikan dalam acara-acara khusus seperti upacara adat atau perayaan keagamaan. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman karena rasanya yang lezat dan beragam.

Mau Coba Makanan Khas Bali yang Mana?

Itulah beberapa pilihan makanan khas Bali yang bisa Anda coba. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang khas dan pasti akan memanjakan lidah Anda. Selamat menikmati kuliner Bali yang lezat!

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda