Skip to content

Neon Box vs Neon Sign : Bedanya Apa Sih?

Dalam dunia periklanan dan penandaan bisnis, kita seringkali menemui dua elemen penerangan yang serupa namun memiliki perbedaan yang cukup mencolok, yaitu Neon Box dan Neon Sign. Mengetahui perbedaan di antara keduanya sangat penting agar kita bisa memilih dengan tepat mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan kita. Mari kita bahas secara detail apa itu Neon Box dan Neon Sign, serta perbedaan mendasar di antara keduanya.

Apa Itu Neon Box?

Neon Box adalah bentuk media iklan luar ruang yang terbuat dari bahan dasar kaca dan berisi gas neon atau campuran gas lainnya. Saat gas dalam tabung diberi tegangan listrik, mereka akan menghasilkan cahaya yang terang dan mencolok.

Neon Box umumnya berbentuk kotak, dan permukaannya dilapisi dengan vinil atau kain yang telah dicetak dengan desain iklan atau logo tertentu. Bentuknya yang lebih besar dan desainnya yang kompleks membuat Neon Box menjadi pilihan yang populer untuk iklan luar ruang, seperti papan nama toko atau iklan billboard.

 

neon box di bali

 

Apa Itu Neon Sign?

Neon Sign adalah papan penanda yang juga menggunakan tabung gas neon atau campuran gas lainnya untuk menghasilkan cahaya. Bedanya dengan Neon Box adalah bentuknya yang lebih sederhana dan ukurannya yang lebih kecil.

Neon Sign seringkali hanya terdiri dari satu kata atau frasa, seperti “Open”, “Coffee”, atau “Hotel”, dan biasanya digunakan sebagai penanda toko atau bisnis tertentu. Neon Sign populer digunakan di dalam ruangan toko atau bisnis untuk menarik perhatian pelanggan.

 

neon sign

 

 

Perbedaan Mendasar Neon Box dan Neon Sign

Sekarang kita telah memahami apa itu Neon Box dan Neon Sign, mari kita lihat perbedaan mendasar di antara keduanya. Perbedaan ini akan membantu kita memilih elemen penerangan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita.

Baca Juga >>  Inilah Berbagai Jenis Neon Box yang Perlu Anda Ketahui Untuk Bisnis Anda

1. Desain dan Ukuran

Salah satu perbedaan utama antara Neon Box dan Neon Sign terletak pada desain dan ukurannya. Neon Box cenderung memiliki desain yang lebih kompleks dan ukuran yang lebih besar.

Karena bentuknya yang kotak, Neon Box bisa menampilkan gambar atau logo yang lebih detail dan bervariasi. Desainnya bisa disesuaikan dengan keinginan klien dan mencakup berbagai elemen, seperti teks, gambar, dan bentuk.

Di sisi lain, Neon Sign memiliki desain yang lebih sederhana dan ukuran yang lebih kecil. Karena biasanya hanya terdiri dari satu kata atau frasa, Neon Sign tidak sekompleks Neon Box dalam hal desain.

Namun, karena kesederhanaannya, Neon Sign seringkali lebih mudah dikenali dan lebih mudah diingat oleh orang-orang yang melihatnya.

2. Kegunaan dan Lokasi Pemasangan

Selain perbedaan dalam desain dan ukuran, Neon Box dan Neon Sign juga memiliki perbedaan dalam kegunaan dan lokasi pemasangan.

Neon Box umumnya digunakan untuk iklan luar ruang yang lebih besar, seperti papan nama toko atau iklan billboard. Ukurannya yang lebih besar membuat Neon Box menjadi pilihan yang baik untuk menarik perhatian dari jarak jauh, seperti ketika orang sedang berjalan atau berkendara di jalan raya.

Neon Box juga cocok dipasang di area terbuka, seperti depan toko atau gedung, untuk menarik perhatian lebih banyak orang.

Di sisi lain, Neon Sign biasanya digunakan di dalam ruangan toko atau bisnis. Karena ukurannya yang lebih kecil dan desain yang sederhana, Neon Sign cocok dipasang di dekat pintu masuk atau di dalam toko untuk menarik perhatian pelanggan.

Neon Sign juga bisa digunakan di dalam gedung atau ruangan tertentu untuk memberikan informasi spesifik kepada pengunjung.

3. Kecerahan Cahaya

Perbedaan berikutnya yang perlu diperhatikan adalah tingkat kecerahan cahaya yang dihasilkan oleh Neon Box dan Neon Sign.

Baca Juga >>  Berapa Ukuran Neon Box Indomaret Alfamart

Neon Box umumnya menghasilkan cahaya yang lebih terang dan mencolok. Karena ukurannya yang besar dan desainnya yang kompleks, Neon Box dapat menampilkan lebih banyak tabung gas neon, sehingga menghasilkan cahaya yang lebih terang dan menonjol di malam hari.

Kecerahan cahaya Neon Box membuatnya sangat efektif untuk menarik perhatian di tengah keramaian atau dalam kondisi cahaya yang redup.

Sementara itu, Neon Sign menghasilkan cahaya yang lebih lembut dan kurang mencolok. Karena ukurannya yang lebih kecil dan desain yang sederhana, Neon Sign biasanya hanya menggunakan beberapa tabung gas neon, sehingga cahayanya lebih lembut dan cocok untuk menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan.

Cahaya Neon Sign lebih ideal untuk menciptakan atmosfer yang hangat dan menyenangkan di dalam ruangan, seperti restoran atau kafe.

4. Daya Tahan dan Perawatan

Perbedaan terakhir yang harus kita perhatikan adalah daya tahan dan perawatan dari Neon Box dan Neon Sign.

Neon Box umumnya memiliki daya tahan yang lebih lama daripada Neon Sign. Kaca yang membentuk tabung gas neon pada Neon Box lebih tebal, sehingga lebih tahan terhadap benturan dan kerusakan.

Selain itu, Neon Box juga lebih tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem, seperti hujan dan panas matahari. Daya tahan yang baik membuat Neon Box menjadi pilihan yang efisien dalam jangka panjang, karena Anda tidak perlu mengganti neon secara teratur.

Sebaliknya, Neon Sign cenderung memiliki daya tahan yang lebih rendah daripada Neon Box. Kaca yang membentuk tabung gas neon pada Neon Sign lebih tipis, sehingga lebih rentan terhadap benturan dan kerusakan.

Oleh karena itu, perawatan yang lebih rutin diperlukan untuk memastikan Neon Sign tetap berfungsi dengan baik. Meskipun perawatannya lebih sederhana, tetapi Anda harus lebih sering memeriksanya agar tidak mengganggu kinerja pencahayaannya.

Baca Juga >>  Strategi Promosi dengan Neon Box

Pilih Sesuai Kebutuhan

Setelah memahami perbedaan mendasar di antara Neon Box dan Neon Sign, saatnya bagi Anda untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi pemasangan, efek visual yang diinginkan, dan anggaran yang Anda miliki.

Jika Anda membutuhkan elemen penerangan yang besar dan mencolok untuk menarik perhatian di luar ruangan, Neon Box bisa menjadi pilihan yang tepat. Neon Box cocok digunakan untuk papan nama toko yang ingin menarik perhatian dari jarak jauh, seperti di sepanjang jalan raya.

Namun, jika Anda ingin memberikan suasana yang hangat dan nyaman di dalam ruangan toko atau bisnis Anda, Neon Sign adalah pilihan yang lebih tepat. Neon Sign cocok digunakan di dalam ruangan untuk menarik perhatian pelanggan di dekat pintu masuk atau di dalam toko.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara Neon Box dan Neon Sign. Kedua elemen penerangan ini memiliki kegunaan dan karakteristik yang berbeda, sehingga penting bagi kita untuk memahami perbedaan di antara keduanya sebelum memilih salah satu untuk keperluan bisnis atau iklan kita.

Jadi, apakah Anda lebih tertarik dengan Neon Box yang besar dan mencolok, atau Neon Sign yang sederhana dan hangat? Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda, dan pastikan Anda membuat keputusan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda