Skip to content

“Dumb Ways to Die”: Ajarkan Keselamatan dengan Kreativitas dan Humor

Beberapa kali kita mendengar berita kecelakaan yang terjadi di jalur kereta api akibat kecerobohan atau kelalaian pengguna jalan yang tidak sabar menunggu kereta lewat.

Kecelakaan di rel kereta api hampir 100% memakan korban jiwa dan terjadi berulang-ulang karena kurangnya edukasi. Dan hal ini terjadi di banyak negara.

Apa Itu Dumb Ways to Die?

Kampanye “Dumb Ways to Die” adalah salah satu kampanye pemasaran sosial yang paling sukses dan ikonis dalam beberapa tahun terakhir. Diluncurkan pada tahun 2012 oleh Metro Trains, perusahaan kereta api di Melbourne, Australia, kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang keselamatan di sekitar jalur kereta api.

Namun, yang membuat kampanye ini sangat berbeda adalah pendekatan yang kreatif, menghibur, dan humoris dalam menyampaikan pesannya.

dumb ways to die

 

Dalam kampanye “Dumb Ways to Die,” karakter-karakter lucu dan menggemaskan diperkenalkan kepada penonton. Mereka melakukan tindakan-tindakan yang tidak bijaksana dan berbahaya di sekitar jalur kereta api, yang pada akhirnya berujung pada akhir tragis. Tetapi alih-alih menggunakan pendekatan serius yang sering digunakan dalam kampanye keselamatan, “Dumb Ways to Die” memilih untuk menggunakan humor dan nada yang menyenangkan. Pendekatan ini membuat pesan keselamatan tetap menarik dan mudah diingat oleh penonton.

Selain itu, lagu tema kampanye “Dumb Ways to Die” menjadi salah satu elemen yang sangat sukses dalam mencapai kesuksesan kampanye ini. Lirik lagu yang ceria dan mudah dihafal, ditambah dengan animasi yang menggemaskan, berhasil membuat lagu ini viral di media sosial. Banyak orang dari berbagai belahan dunia mulai men-share dan membuat parodi tentang lagu ini, sehingga menambah jangkauan pesan keselamatan yang diusung oleh kampanye ini.

Baca Juga >>  Gen Z: Potensi Baru untuk Bisnis Spa dan Yoga

Hasil kampanye “Dumb Ways to Die” juga sangat mengesankan. Kampanye ini berhasil meningkatkan kesadaran tentang bahaya di sekitar jalur kereta api dan mengubah perilaku masyarakat dalam hal keselamatan. Banyak orang yang mulai lebih berhati-hati di sekitar jalur kereta api, dan jumlah insiden berkurang sejak kampanye ini diluncurkan.

dwtd campaign train

sticker full body kereta yang lucu mengingatkan untuk berhati2

 

Kampanye ini juga menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana pemasaran sosial dapat berdampak positif dalam masyarakat. Dengan menggabungkan kreativitas, humor, dan narasi yang kuat, “Dumb Ways to Die” berhasil menyampaikan pesan keselamatan secara efektif tanpa mengesampingkan aspek keceriaan dan menghibur.

Dalam dunia yang semakin dipenuhi dengan berita tragis dan pesan serius, kampanye “Dumb Ways to Die” telah memberikan pendekatan yang menyegarkan dalam menyampaikan pesan keselamatan.

dwtd photospot

Photo spot dengan karakter lucu menghibur dan mengedukasi pengguna kereta

Kampanye ini mengajarkan kepada kita bahwa dengan kreativitas dan keceriaan, kita dapat mencapai kesuksesan dalam menyampaikan pesan-pesan penting yang dapat menyelamatkan nyawa.

Selain itu, “Dumb Ways to Die” juga menjadi bukti bahwa pemasaran sosial dapat menjadi kekuatan yang kuat untuk perubahan positif dalam masyarakat, dan kampanye ini akan tetap menjadi salah satu contoh yang paling menginspirasi dalam dunia pemasaran untuk waktu yang lama.

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda