Skip to content

Cara Menghemat Biaya Operasional Perusahaan. Ikuti Biar Cuan Nggak Tipis Terus

Mendapatkan keuntungan merupakan tujuan suatu perusahaan. Untuk mewujudkan tujuan itu ada banyak hal yang perlu dilakukan perusahaan.

Salah satunya adalah dengan memastikan kegiatan operasional berjalan lancar dengan budgeting atau manajemen anggaran yang tepat. Maka sebab itu, pengeluaran biaya operasional pastinya menjadi perhatian para pengusaha.

Sayangnya di kenyataannya, banyak pebisnis yang salah di dalam memilih strategi untuk jalankan efisiensi demi kurangi biaya operasional perusahaan. Mereka sibuk untuk memangkas biaya-biaya yang ada tapi mengabaikan faktor lain serta dampak yang bisa ditimbulkan karena tindakannya.

menghemat biaya operasional

Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan Agar Keuntungan Tidak Mepet

Efisiensi Proses Kerja

Proses kerja adalah hal penting untuk suatu bisnis. Namun, apakah proses kerja di perusahaan Anda sudah efisien?

Kebanyakan proses kerja tidak efisien dan berlebihan. Sehingga tips pertama untuk menghemat biaya operasional perusahaan yakni perlu untuk melakukan evaluasi proses kerja di perusahaan.

Lakukanlah analisis proses kerja yang penting dan juga tidak penting, mana yang perlu untuk dipangkas.

Buat proses kerja di perusahaan seefektif dan juga seefisien mungkin. Peralatan berlebihan, konsumsi air, listrik, wifi, telepon, kertas, dan lainnya yang bisa dihemat, ada baiknya diatur dengan sedemikian rupa untuk dipakai seperlunya.

Jika perlu, gunakan konsultan manajemen untuk memperbaiki proses kerja usaha Anda untuk menjadi SOP yang baik

Efisiensi SDM

Tidak hanya proses kerja, Anda pun perlu untuk mengatur SDM yang ada pada perusahaan sebagai upaya di dalam menghemat biaya operasional perusahaan.

Pilihlah orang-orang yang terbaik untuk bekerja di perusahaan Anda, jika ada pekerja yang malas, Anda bisa mengeluarkannya.

Selain itu, tempatkan karyawan terbaik di posisinya masing-masing. Bekali pula karyawan Anda dengan sejumlah pelatihan supaya kompeten di dalam pekerjaannya.

Baca Juga >>  Cara Meningkatkan Omset Penjualan Tanpa Cari Customer Baru

Mungkin sebagian dari Anda berpikir mengapa harus membuat pelatihan? Bukankah akan menambah pengeluaran?

Biaya pelatihan yang dikeluarkan adalah investasi supaya sumber daya menjadi efektif dan efisien.

Manfaatkan Pemakaian Teknologi

Perkembangan teknologi pun bisa dimanfaatkan pada dunia bisnis. Dengan memakai bantuan teknologi, komunikasi akan jadi mudah sekali dan murah.

Selain komunikasi, dengan memakai teknologi pun bisa mengurangi biaya operasional yang lainnya, seperti:

  1. Melakukan Efisiensi Koordinasi : Dengan menggunakan zoom/google meeting, rapat serta koordinasi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan cepat dan mudah.
  2. Mengurangi Pemakaian Kertas : Manfaatkan teknologi untuk menghemat kertas di dalam operasional.  Budayakan paperless dan simpan semnuanya di Bahkan dengan catat semua hal menggunakan teknologi, maka data akan tersimpan selalu dan Anda tak perlu takut untuk kehilangan.
  3. Hemat Biaya Perjalanan : Jika diperlukan perjalanan dinas untuk bertemu client, gunakan kelas low budget atau jika memungkinkan Anda bisa lewat video call. Sehingga biaya, waktu, dan energi akan banyak dihemat.

Efisiensi Lembur dan Cuti

Buatlah kebijakan tentang lembur dan cuti yang efektif. Misalnya, membuat pengaturan giliran untuk cuti, karyawan yang akan cuti harus selesaikan pekerjaannya dahulu. Ini berguna untuk cegah inefisiensi proses kerja. Selain itu, produktivitas pun akan tetap berjalan.

Tidak hanya cuti, lembur pun perlu diatur. Berbayar atau tidak, lembur akan menambah biaya operasional. Anda bisa menganalisis apakah waktu lembur efektif dipakai bekerja atau tidak. Karena ada sejumlah orang yang terkadang manfaatkan lembur untuk dapatkan bonus saja.

Melakukan penghematan biaya operasional perusahaan tak bisa dilakukan sendirian. Minta bantuan dan juga kesadaran semua karyawan yang terlibat pada kegiatan operasional perusahaan.

Perlu digaris bawahi jika setiap perusahaan memiliki kebutuhan kerja serta karakteristik sendiri yang spesifik. Oleh karena itu, cara-cara di atas adalah referensi umum. Anda bisa terapkan sendiri cara penghematan biaya operasional sesuai bisnis.

Baca Juga >>  Wajib Tau! Mempelajari Customer Journey Biar Bisnis Nggak Sepi

Semoga bermanfaat

Buka chat
1
Mau tanya-tanya? Yuk chat disini!
Halo ReklameKita.com, Saya dari website mau tanya-tanya tentang layanan Anda